Efektifkah pembelajaran Bahasa Inggris secara online?​

Sejak dunia secara global diserang oleh pandemi Covid-19, hidup kita mengalami perubahan yang besar secara keseluruhan. Banyak orang yang harus bekerja dari rumah dikarenakan protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah. Walaupun pandemi banyak mengubah hidup kita, kita masih bisa tetap produktif dan aktif dalam rutinitas pekerjaan kita. Tidak hanya cara bekerja saja yang mengalami perubahan, tapi cara belajar juga mengalami hal yang sama. Banyak sekolah yang harus mengadakan kelas mereka melalui system online. meskipun begitu, proses pembelajaran tetap sama, hanya berbeda di cara pelaksanaannya saja.

Hal yang sama juga dialami oleh orang-orang yang ingin mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Kebanyakan orang merasa tidak mudah untuk belajar bahasa Inggris secara online karena mereka sudah terbiasa dengan sistem pembelajaran yang konvensional. Akan tetapi sistem pembelajaran online memiliki sisi yang menguntungkan dan sisi yang tidak menguntungkan, tapi akan lebih bagi jika kita hanya berfokus pada sisi yang menguntungkan saja. Kita akan membahas lebih jauh lagi kedua sisi tersebut sehingga kita bisa yakin apakah pembelajaran Bahasa Inggris secara online itu efektif atau tidak.

Ada beberapa keuntungan dari belajar Bahasa Inggris melalui sistem online. Yang pertama, kita bisa tetap sehat. Semasa pandemi ini, sangatlah penting bagi kita untuk tidak pergi keluar jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Kita harus tetap menjaga kesehatan diri kita sendiri dengan menghindari keramaian dan menjaga kebersihan diri kita. Jadi, satu-satunya cara untuk kita belajar Bahasa Inggris adalah melalui sistem online. kita sangat beruntung karena di masa sekarang ini banyak sekali platform yang menyedia fasilitas konferensi online untuk belajar Bahasa Inggris secara online. Platform yang sudah cukup umum dipakai adalah ZOOM, Microsoft Teams dan Google Meeting. Platform konferensi online yang ada juga menyediakan fasilitas seperti berbagi layar dan berbagi audio. Kita bisa melihat atau menayangkan tampilan presentasi kepada satu sama lain. Hal tersebut benar-benar memudahkan kita dalam mengikuti pembelajaran yang ada. Oleh karena itu, belajar bahasa Inggris secara online dapat menyenangkan sama seperti kelas offline.

Yang kedua, kita bisa menghemat banyak waktu. Tentunya dengan mengikuti kelas bahasa Inggris secara online, kita bisa banyak menghemat waktu kita karena kita tidak perlu pergi ke tempat kursus bahasa Inggris. Kita tidak perlu menghabiskan waktu kita dalam kemacetan hanya untuk sampai di tempat kursus bahasa Inggris. Kita tidak perlu khawatir akan kelelahan karena perjalanan yang ditempuh ke tempat kursus Bahasa Inggris. Kita dapat dengan mudahnya menyalakan komputer atau laptop kita untuk menghadiri kelas bahasa Inggris online. kita dapat memilih tempat yang nyaman untuk kita mengikuti kelas bahasa Inggris online. itu juga berarti kita bisa punya lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama dengan orang yang kita sayangi.

Yang ketiga, kita memiliki waktu lebih banyak untuk mengeksplorasi materi pembelajaran. Karena kita tidak perlu banyak pergi keluar rumah, kita memiliki lebih banyak waktu dan kesempatan untuk mengeksplorasi topik atau materi yang kita dapatkan dari kelas bahasa Inggris online. Kita juga bisa menghabiskan waktu kita untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kita dengan menelusuri lebih banyak hal lagi melalui internet. Dengan bantuan internet, kita bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sesuai yang kita butuhkan. Kita juga bisa mencari lebih banyak latihan tambahan atau pendukung untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kita lebih baik lagi.

Selain dari keuntungan yang ada, belajar bahasa Inggris secara online juga memiliki beberapa kerugian. Yang pertama adalah kurang sosialisasi secara nyata. Meskipun kita melihat guru dan teman-teman kita di layar monitor, terkadang kita merasa hal tersebut terasa berbeda dari kita melihat mereka secara langsung bertatap muka. Kita mungkin merasakan adanya jarak dan kita bahkan bisa merasa bosan karena kita tidak bisa berinteraksi secara nyata dengan mereka. Hal ini mungkin saja terjadi karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang perlu bersosialisasi dengan sesama.

Yang kedua adalah fokus kita mudah terganggu. Hal ini cukup sering terjadi dikarenakan faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor internal biasanya datang dari diri kita sendiri atau sekeliling kita bisa menjadi suatu permasalahan tersendiri. Karena kita mengikuti kelas bahasa Inggris online dari rumah, kita akan mudah teralihkan oleh orang-orang yang ada di rumah bersama kita, misalnya orang tua, saudara, suami atau istri, anak-anak, dan yang lainnya. Mereka mungkin tidak bermaksud untuk mengganggu kita namun kadang hal tersebut terjadi begitu saja. Mereka bisa saja memanggil kita menanyakan sesuatu atau bahkan masuk ke dalam ruangan kita untuk memastikan keadaan kita dalam kondisi yang baik. Namun hal tersebut dapat membuat fokus kita teralihkan. Faktor internal juga bisa datang dari kita sendiri ketika kita tergoda untuk melakukan pekerjaan pribadi kita saat pembelajaran bahasa Inggris online sedang berlangsung. Kita memang sedang mengikuti kelas bahasa Inggris secara online namun seringkali kita juga mengerjakan hal yang lain dalam waktu yang bersamaan. Dan sudah pasti hal tersebut juga bisa mengalihkan fokus kita untuk belajar bahasa Inggris secara online. berikutnya dalam faktor eksternal yang bisa menjadi penghalang ketika kita mengikuti kelas bahasa Inggris online. Ketidakstabilan koneksi internet adalah suatu hal yang paling sering terjadi ketika kita sedang menghadiri kursus atau pertemuan secara online. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita bisa mencoba untuk membeli paket internet yang bagus. Kita bahkan bisa mencoba mematikan kamera kita untuk saat kursus online berlangsung ketika koneksi internet kita sedang tidak stabil supaya kita tidak keluar dari kursus atau pertemuan online yang ada secara tiba-tiba. Hal tersebut tidak begitu menyenangkan tapi kita harus selalu mempersiapkan diri untuk hal terburuk yang bisa terjadi.

Setelah membahas keuntungan dan kerugian dari mengikuti kursus bahasa Inggris secara online, kita sekarang dapat dengan yakin memutuskan bahwa keuntungan yang ada melebihi kerugian yang ada. Seperti yang bisa kita lihat bahwa kerugian yang ada lebih ke permasalahan teknis yang sebenarnya bisa kita antisipasi untuk tidak terjadi. Ketika kita membandingkan keuntungan yang kita dapatkan dari belajar bahasa Inggris secara online, kita bisa yakin bahwa hal tersebut sepadan. Tak peduli apapun cara belajar kita, hal yang terpenting sebenarnya adalah diri kita sendiri. Kita sendirilah yang harus aktif dalam mengembangkan diri kita untuk menjadi lebih baik lagi dalam berbahasa Inggris.

Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris secara online bisa efektif jika kita mempersiapkan diri kita selama proses pembelajaran. Kita harus bisa mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi sehingga pembelajaran kita akan menjadi lebih efektif dan bermakna. Oleh karena itu, kita tidak perlu bingung lagi karena sekarang kita sudah tahu bahwa keuntungan belajar bahasa Inggris secara online melebihi kerugian yang ada.

AUTHOR

Elisabeth

Elisabeth

My passion is teaching English and Bahasa Indonesian. With a background in English Literature and experience in Educational consultancy I am able to enrich my teaching methods to suit the corporate classes.

Popular Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat With Us